HP Lemot? Mari Telusur Penyebabnya!

Permasalahan umum yang sering mencuat ketika memakai telpon seluler ialah kinerjanya berubah menjadi cukup lambat secara tiba-tiba, dimana perangkat tersebut beroperasi dengan sangat lambat, atau biasa dikenal anak muda dengan sebutan lemot.

Ada banyak faktor penyebab perangkat lunak mengalami penurunan kinerja, diantaranya ialah disebabkan oleh virus secara tidak sengaja terduplikasi dan masuk ke dalam ponsel. Tidak hanya itu, permasalahan lain yang sering muncul di segi perangkat lunak diantarannya adalah memori yang sudah hampir habis, software yang sudah usang, dan lain sebagainya.
Untuk mengatasinya, tentu setiap permasalahan membutuhkan solusi yang berbeda juga. Jika permasalahan yang muncul akibat kerusakan di segi hardware, tidak ada cara selain mengganti komponennya atau sekalian mengganti ponselnya. Namun jika lemotnya ponsel bukan disebabkan oleh kerusakan hardware, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

Bersihkan Memori Internal

Tahukah kamu, bahwa ponsel dengan kapasitas memori besar maupun kecil, kinerjannya akan melambat saat data-data dalam ponsel mulai membuat kapasitas penyimpanan mulai penuh. Dengan begitu, kamu harus dapat mengantisipasinya dengan sering membersihkan data-data yang kurang penting lagi, atau kamu juga bisa memindahkan data-data tersebut ke media penyimpanan lain.

Kelola Aplikasi yang Diinstal

Aplikasi yang terinstal di ponsel kita ternyata mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kita gunakan. Semakin banyak aplikasi, maka semakin banyak data yang dapat menyebabkan penyimpanan ponsel semakin penuh. Selain itu,  kapasitas RAM yang tersedia pun berkurang. Untuk mengatasi penurunan kinerja yang diakibatkan oleh permasalahan ini, pengguna dapat menyaring aplikasi-aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu serta kemampuan ponselmu dalam menjalankan operasinya. 

Hapus Virus dari Ponsel

Persoalan virus merupakan hal lumrah yang terjadi pada barang elektronik. Virus merupakan musuh utama bagi para pengguna perangkat dengan sistem di dalamnya. Meskipun tak mengganggu secara langsung, namun ia mampu membuat kinerja dari ponsel yang digunakan berkurang. Untuk mengatasinya, pengguna dapat mengisntal aplikasi salah satu Anti virus yang dirasa tepat untuk ponselmu.

Comments